Home > DDDD, Domain Driven Design, Messaging, OO Programming, OOAD Basic > [DDDD] Perubahan pada Repository

[DDDD] Perubahan pada Repository

Sebagian besar orang menggap bahwa repository merupakan abstraksi dari collection dimana object tinggal disana. Perubahan yg dilakukan pada DDDD adalah object2 yg tinggal pada repository bertanggung jawab untuk mengetahui perubahan statenya.

Contoh nyatanya adalah Order yg berinteraksi dengan Repository. Order hidup di dalam repository. Order akan memberikan perubahan2 yg terjadi pada dirinya semenjak dia dibuat. Repository kemudian menanyakan perubahan itu dan bertanggung jawab terhadap apa yg akan dilakukan perubahan tersebut. Salah satu yg dapat dilakukan oleh repository adalah melewatkannya ke pipeline atau langsung melakukan processing ke database.

Sama seperti DDD classic dimana satu aggregate memiliki satu repository, tetapi sekarang repository bertanggung jawab terhadap perubahan state dari aggregate root. Mekanismenya adalah repository meminta perubahan dari aggregate root, aggregate root tidak hanya memberikan perubahannya saja tetapi juga perubahan dari anak2nya. Perubahan tersebut merupakan satu unit of work.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: