Home > Machine Learning > Perkenalan Machine Learning Algorithm – Part 1

Perkenalan Machine Learning Algorithm – Part 1

Pada tutorial sebelumnya saya hanya mengajarkan bagaimana alur data science dan machine learning proses. Saya hanya mengajarkan pemakaian tools machine learning dengan menggunakan scikit-learn. Hal ini saya tujukan untuk memberikan pemahaman mengenai end to end skeleton yang dapat anda gunakan pada setiap project machine learning anda. Setelah anda mengetahui apa-apa saja langkah-langkah yang ada maka anda dapat dengan mudah memperdalam masing-masing machine learning algorithm nya.

Pada kesempatan tutorial selanjutnya dalam blog ini kita akan mempelajari mengenai masing-masing algoritma machine learning. Kita akan belajar istilah-istilah yang lazim digunakan dalam dunia machine learning.

Programmer dapat belajar dengan cepat jika diberikan contoh dan deskripsi yang jelas mengenai sesuatu hal. Hal ini juga berlaku terhadap algoritma machine learning. Tutorial akan terdri dari deskripsi algoritma machine learning dan juga bagaimana cara mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman python.

Blog ini ditulis untuk programmer sehingga tidak menggangap anda memiliki pengalaman dalam statistika, probability dan juga linear algebra. Jika anda mengetahui sedikit statistika maka hal itu akan dapat membantu anda tetapi tidak menjadi penghambat anda untuk memahami tutorial tersebut.

Data memiliki bagian terbesar dalam machine learning. Sehingga kita perlu belajar terminologi yang benar ketika berbicara mengenai data. Mari kita mulai saja dengan bagaimana anda berpikir tentang data. Pikirkan saja spreadsheet atau excel file. Kita memiliki kolom, row dan cell.

 

image

Sebuah kolom memiliki data dengan tipe yang sama. Contoh kita memiliki kolom berat, tinggi atau harga. Semua data pada kolom yang sama memiliki skala dan arti yang sama dengan yang lain. Kolom ini sering disebut juga sebagai attribute atau fitur.

Row menggambarkan satu observasi atau single instance. Semakin banyak row yang kita punya semakin banyak example dari domain yang kita pelajari.

Cell merupakan single value dari satu row atau kolom.

Gampangnya kita dapat menyebut data ini sebagai tabular atau dataframe data. Bentuk data seperti ini sangat mudah digunakan dalam machine learning. Ada beberapa term yang digunakan pada perspektif yang berbeda. Ada 2 perspektif yaitu statistical dan computer science

Dari perspektif statistical learning kita melihat bahwa ada fungsi yang akan dicoba dipelajari oleh algoritma machine learning. Jika kita memberikan input value maka akan dicoba diprediksi output valuenya.

Output = f(input)

Kolom tersebut akan menjadi input yang disebut sebagai variable input. Dimana kolom yang akan kita prediksi untuk input yang akan datang disebut sebagai output variable atau response variable.

OutpuVariable = f(InputVariables)

Biasanya kita akan memiliki lebih dari satu input variable. Dalam hal ini kita akan menyebut input variable tersebut sebagai input vector.

OutputVariable = f(InputVector)

Jika anda masih ingat dengan pelajaran statistika anda yang lalu anda akan mengetahui terminologi jadul. Yaitu banyak disebut sebagai dependent dan variable independent.

DependentVariable = f(IndependentVariables)

Untuk lebih sederhananya kita menyingkatnya menjadi

Y = f( X )

Dari computer science perspektif kita sering sekali mendengar bahwa row disebut sebagai entity dan kolom disebut sebagai attribute. Atau sering disingkat menjadi

OutputAttribute = Program(InputAttributes)

Nama lain dari kolom adalah fitur.

Output = Program(InputFeatures)

Observation juga sering disebut sebagai instance. Dan Output sering disebut sebagai prediksi

Prediction = Program(Instance)

Banyak juga orang menyamakan model dan algoritma. Dan kadang digunakan saling menggantikan satu sama lain. Model adalah representasi dari apa yang telah dipelajari dari data atau hasil dari algoritma yang belajar teresbut. Algoritma adalah proses dari pembelajaran tersebut.

Model = Algorithm(Data)

Advertisements
Categories: Machine Learning
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: