Home > ASP .NET Web API, REST > Akhirnya ASP .NET Web API … :)

Akhirnya ASP .NET Web API … :)

Diambil dari  : http://www.infoq.com/news/2012/02/WebAPI

Akhirnya web api release juga. Project ini sudah saya tunggu2 untuk release dan di bundle sebagai bagian dari .NET. Tetapi sebelumnya saya pikir bahwa ini akan menjadi bagian dari WCF seperti yang terdapat di website berikut.  Tetapi ternyata jadi bagian dari ASP .NET yang sudah di bundle dengan ASP .NET MVC 4.

Sebelumnya .NET developer harus berjuang dengan kompleksitas dari ekstension yang disediakan dari WCF atau mungkin juga melakukan modifikasi sendiri. Salah satu alternatif nya adalah WCF REST Starter Kit yg sekaran sudah obsolete. Dengan Web API dveloper dapat mengabaikan kerumitan WCF dengan segala model pipeline dan arsitekturnya dan langsung bekerja dengan HTTP stack. Pure HTTP.

Web API  dibangun diatas ASP .NET stack dan banyak feature yang sama dengan ASP .NET MVC. Gak kaget sih, karena kita juga bisa bangun aplikasi REST dengan menggunakan ASP .NET MVC. Salah satu contoh fitur yang sama adalah MVC Routes dan Filters. Filters sangat berguna untuk authorization dan exception handling.

Web API juga support Model Binding dan validation yang digunakan oleh MVC. Web API secara otomatis support XML dan JSON sebagai format content yang dipertukarkan. Tetapi developer dapat menambahkan formatnya sendiri. Jika anda sebelumnya fans dari WCF Data Services yang menggunakan format OData . Anda juga dapat menggunakannya dengan Web API.

ASP.NET Web API tidak hanya dapat di hosting  di IIS tetapi dapat juga self hosted.

Anda dapat melihat resource dan gambaran singkat mengenai ASP .NET Web API dari blog post Scott Gu.

Pada Video session TechDays Scott Gu juga menjelaskan Web Api sebagai bagian dari ASP .NET MVC 4.

Glenn Block salah satu pentolan dari Web API juga pernah menjelaskannya pada event Build Windows.

Saya juga baru saja mendapat info dari Twitter @scottgu mengenai blog yang memberikan beberapa posting mengenai Web Api ini.

So.. enjoy your new RESTlife with Web API.🙂

 

Cheers

  1. April 12, 2013 at 2:46 am

    artikelnya bgus gan, sangat bermanfaat sekali… mampir juga ya ke blog saya.. itung2 tuker ilmu, saya juga pernah mambuat artikel sekitaran ttg ASP.NET, ini gan link nya http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/nethosting/

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: