Home > c++, Windows 7, Windows 8, Windows Programming > Memulai Windows Programming

Memulai Windows Programming

Setelah menonton presentasi pentolan2 c++ yang ada di GoingNative2012, minat untuk memperdalam skill c++ dan segala sesuatu yg berhubungan dengan windows programming pun muncul. Presentasi yang disajikan tersebut cukup provokatif. Herb Sutter, Bjarne, dkk memang benar2 veteran yang sudah berpengalaman sekali dalam memarketingkan c++ sebagai first class language.

Hal yang pertama kali saya lakukan adalah mencari sample yang dapat dijalankan. Sample yang saya temukan untuk Windows 7 ini adalah HILO Application. Dengan belajar dari sample kita dapat mempercepat learning curve kita untuk sesuatu hal. Hal ini juga dapat digunakan untuk membuktikan bahwa instalasi dan environment setup kita berhasil. Get it running first. !!

Terlebih dahulu saya persiapkan environment terlebih dahulu. Anda perlu mempersiapkan Visual Studio Express 2010. Jika anda sudah memiliki Visual Studio Proffesional atau Ultimate anda sudh bisa lanjut ke step berikutnya.

Berikutnya adalah instalasi Microsoft Windows SDK untuk Windows 7. Anda dapat melakukan instalasi dengan menggunakan online installer atau dapat juga mendownload isonya. Saya disini lebih memilih untuk mendownload ISO, extract dan kemudian lakukan instalasi. Jadi kita dapat mereuse hasil download tersebut dan mendistribusikannya.

Pertama kali saya menjalankan installer tersebut saya mengalami error. Hal ini disebabkan oleh karena pada komputer saya sudah terlebih dahulu terinstall Visual Studio yang mencakup Visual Studio C++ x86. Untuk solusinya jika anda menemukan error pada saat instalasi dapat dilihat pada link berikut ini.

http://blogs.msdn.com/b/windowssdk/archive/2009/09/16/windows-7-sdk-setup-common-installation-issues-and-fixes.aspx

http://ctrlf5.net/?p=184

Untuk kasus yang saya alami maka langkahnya cukup sederhana yaitu tinggal melakukan uninstall terhadap Visual Studio C++ x86 dari Add/remove program via control panel.

Setelah instalasi anda dapat melihat bahwa pada C:\Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v7.1 sudah lengkap tools, library dan header file yang dibutuhkan untuk melakukan Windows 7 Development.

Langkah berikutnya adalah menjalankan program HILO yang sudah saya sebutkan sebelumnya untuk memastikan bahwa lingkungan kerja kita sudah siap untuk digunakan. Download terlebih dahulu source code dari HILO application.

Jika anda menemukan error berikut ini pada saat melakukan kompilasi dengan Visual Studio. Anda dapat menambahkan  C:\Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v7.1\Bin ke PATH environment variable. Hal ini dibutuhkan agar visual studio dapat mengakses tools untuk melakukan build terhadap solution tersebut.

Solusi tersebut saya temukan dari link berikut ini

http://social.msdn.microsoft.com/Forums/en/vssetup/thread/c1982f50-0a32-47f2-ab2b-78e53fdb3d77

Tekan F5 untuk menjalankan dan anda sekarang sudah dapat melihat HILO Application. Environment anda telah ready. Anda dapat melakukan development dengan Windows 7 sekarang.

Jika anda ingin mendapatkan dasar-dasar mengenai programming windows maka anda dapat mengikuti tutorial singkat Learn to Program for Windows in C++.

Tutorial singkat lainnya untuk basic programming windows yang cukup komprehensif adalah Developing Windows Application in C++. Tutorial tersebut dibuat oleh Kate Gregory yang merupakan MVP C++. Jadi sudah pasti artikel tersebut berkualitas.🙂

Setelah mendapatkan seluruh dasar diatas anda bisa melanjutkan HILO Application Step by Step. Sehingga konsep-konsep yang ada dapat langsung di praktekkan.

Anda dapat mendalami Windows Programming dari resource atau link yang tersedia di Windows SDK Page berikut.

Windows Programming merupakan topik yang sangat luas. Anda harus mengerti fundamental dari C++, COM, MFC, ATL Win32 API, and windows internal. Tetapi hal tersebut sangat berharga untuk dipelajari. Setelah anda mengetahui hal tersebut anda dapat lebih mengerti kinerja dari Sistem Operasi Windows anda.

Pengetahuan yang anda dapatkan dengan mempelajari Windows Programming fundamental juga akan bermanfaat pada saat anda membangun aplikasi MetroStyle apps dengan menggunakan C++. Jika anda ingin membuat MetroStyle Games di Windows 8 dengan DirectX maka anda wajib menggunakan C++. So i think it’s very worth it, right ?

Start Learn Now. Windows 8 is coming. Prepare for your equipment.🙂

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: