Home > Messaging, SOA, Software Architecture > Service Autonomy 2

Service Autonomy 2

Autonomous = Otonomi = Mampu berdiri sendiri.

Autonomous service brarti service yg mandiri. Yg ingin dicapai sebenarnya dari prinsip tersebut adalah loosely couple. Misalkan service A membutuhkan service B maka meskipun Service B tidak tersedia Service A tetap dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan service agreementnya. Sesuai dengan janjinya
Jadi caranya adalah menghilangkan request response collaboration pada level service. Jadi jika kita memiliki 2 software entities dimana kita harus melakukan request response brarti keduanya berada pada satu service. Tetapi harus digaris bawahi kata harus. Semua emang bisa dilakukan dengan Req/Resp tetapi ada bagian2 yg sebenarnya tidak.

Component Orientation dan Object Orientation membagi solusi menjadi bagian2. Jadi kita harus menemukan boundary yg tepat. Sehingga bagian2 yg sebenarnya dapat terpisah tidak couple.

Jika kita dapat membagi service tersebut dengan sangat baik maka pada akhirnya nanti struktur service tersebut mencerminkan struktur dari bisnis itu sendiri. Nah jadi ada baiknya jika kita menelaah dengan sangat teliti bagaimana proses bisinis tersebut. Jika kita dapat membaginya berdasarkan bisnis. Maka service tersebut akan autonomous.

Jadi jika kita meninggalkan prinsip Req/Rep maka pilihan yg tersedia dalam komunikasi antar service adalah One Way communication (fire and forget atau publish subscribe). Juga Two way (duplex) yg sebenarnya merupakan two one way communication.

Nah jadi bagaimana cara komunikasi antar service dan masalah kesegaran data, update, volatile kembali dari hasil analisa terhadap business proses tersebut.

Message assembly merupakan kontrak. Jadi harus ada di pengirm dan penerima. SUdah jelas lah. Hehehe. Message tersebut sifatnya adalah unidirectional. Satu arah pengiriman. Mengirim saja atau menerima saja.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: