Home > OO Programming > Design Inheritance Tree (Part 2)

Design Inheritance Tree (Part 2)

Langkah ketiga adalah menentukan apakah subclass memiliki behaviour yg spesifik. Jika iya maka kita harus mengoverridenya.

Klo instance variable pasti semua kelas akan memilikinya. Setuju kan ?
Bagaimana dengan behaviour ? Apakah semuanya sama dengan yg ada superclass. mmm….

makeNoise() … masing2 hewan mengeluarkan suara yang khas. Anjing mengonggong. Harimau mengaum. Dll. Jadi method ini harus dioverride.

eat() …cara makan masing2 hewan juga beda.

jadi kita sudah punya 2 method yg akan di override di subclass. makeNoise() dan eat().

nah perubahan tersebut tergambar seperti dibawah ini. method yg lain tetap diturunkan dari superclassnya.

animalq2

Sekarang sudh keliatan gambarannya. Sudah semakin jelas. Dengan override kedua method tersebut maka tidak akan kesalahan antara kucing yg mengeong dan anjing yg menggongong. Masing masing mengetahui cara mengeluarkan suara dan suara apa yg dikeluarkan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: