Home > OO Programming > Class vs Object

Class vs Object

dog

Class bukanlah object. Tapi kelas digunakan untuk membuat object. Jadi mana yg duluan ?? Kelas atau object ?? ok.

Class adalah blueprint dari object. Jadi klo misalnya kita make Java. Ntar JVM nya yg terjemahkan dari class tersebut gimana objectnya dibuat. Jadi setiap object yg dibuat dari kelas tersebut akan memiliki nilainya sendiri untuk instance variable dari kelas tersebut. Contohnya kita bisa punya kelas anjing dan bikin banyak anjing dengan ciri yg berbeda2.

card

Bayangkanlah object sebagai suatu card entry pada buku alamat atau telepon. Setiap kartu memiliki field yg kosong (instance variable). Ketika kita mengisi field2 tersebut kita sedang membuat object. Dan data yg kita masukkan merupakan state.

Method yg ada pada kelas adalah sesuatu yg dapat dilakukan terhadap kartu tersebut. getName(), changeName(), setName(). Itu adalah contoh2 sesuatu yg dapat dilakukan terhadap kartu tersebut.

Jadi setiap card dapat melakukan hal yg sama(getName(), changeName(), setName()). Tapi card tersebut memiliki data atau state yg unique untuk setiap card.

Jadi kalau misalnya saya memiliki dua buah card. Card A dan Card B. Ketika saya mengubah nama pada Card A. Data yg berubah hanyalah pada Card A. Data pada Card B tidak berubah.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: