Home > Software Architecture > Software Architecture

Software Architecture

ini topic yg complex. definisinya juga beragam tergantung sudut pandangnya. banyak definisi yg muncul salah satunya …
diambil dari buku Journey of the Software Professional

struktur dasar dari suatu sistem. melihat sistem sebagai kumpulan high level modul yg memenuhi fungsionalitas dari sistem, management, distribusi data, tampilan, berjalan di platform apa saja …. jadi kita melihat system tersebut sebagai big picture. Arsitektur juga mengambarkan hubungan antar modul. Bagaimana modul tersebut dapat ditambah, dimodifikasi. Tergantung pada teknologi apa.

Tetapi definisi tersebut yah .. blum bisa mengambarkan apa yg dimaksudkan oleh software architecture. karena … yg seperti tadi saya bilang .. complex topic.. hehehe. mmm..

Arsitektur dari suatu sistem banyak dipengaruhi oleh team yg membangunnya sendiri. dekomposisi dari suatu sistem menjadi subsistem harus membuat masing2 tim memiliki ketergantungan yang kecil.

Juga faktor manusia sangat berperan banyak. Jadi kita tidak bisa hanya mengambil sebuah pattern dan implementasi struktur tersebut. Jadi perlu juga disesuaikan dengan business nya. Juga harapan2 yang muncul harus dapat diakomodasi, kekhawatiran, impian, pilihan dari tim juga harus dipertimbangkan. Tidak boleh menerapkan architecture tanpa persetujuan dari semua anggota tim. Semua pendapat harus difasilitasi.

Dalam menentukan arsitektur jangan terlalu mengandalkan pengalaman saja. Tetapi juga perhatikan tuntutan dari domain. Karena untuk itulah software tersebut dibuat. Karena kata best untuk saya belum tentu best buat yg lain. Apalagi buat customer.

Definisi dari arsitektur yg sukses ini banyak. Ada yg bilang kalau produknya berhasil dan laku dipasaran. Tapi meskipun produk tersbut laku keras, programmer yg maintainnya kerepotan karena arsitekturnya ga flexible apakah itu sukses ?? jadi ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Tidak ada solusi yg sempurna jika ditilik dari berbagai sisi. Solusi yang satu baik untuk hal yg seperti ini dan untuk yg lain mungkin gagal. so ??

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: