Home > Software Architecture > Membuat Architecture

Membuat Architecture

Software Architecture merupakan hasil dari ide yg dikumpulkan bersama2 dari pilihan design yang dibuat oleh tim untuk versi awal dari sistem. awalnya bisa berupa skecth di papan, kertas dll. Mungkin saja nanti pada akhirnya system yg sudah selesai bakalan berbeda dengan skecthnya. Yah .. namanya juga skecth.. Karena system tersebut pasti selalu harus diupdate.

Pada awalnya ketika arsitektur masih muda. sudah lengkap tapi masih belum dewasa. jadi masih belum bisa menghadapi tantangan2 yg keras. Tapi seiring dengan waktu maka arsitktur akan semakin kuat dan solid. tim juga akan semakin percaya diri karena sudah mengerti dan mulai expert di system tersebut. Jadi tw kelebihan dan dapat mengatasi keterbatasan2 arsitektur tersebut. Feedback dari arsitktur yg mature biasanya diperoleh ketika sistem tersebut dipasarkan.

Menurut buku ketika kita membangun arsitektur pada sistem yg baru kita harus mengexplore semua kemungkinan dan memilih mana yg terbaik. Oke… wajar aja sih .. tapi ini sulit diterapkan pada kenyataannya karena ??

kurangny waktu explorasi…dan kemungkinan banyak. yg ditelaah banyak… blum lagi kombinasi .. wow …waktu adalah uang..jadi kita bergantung pada arsitek … klo arsitek bilang a bagus .. oke .. a akan diimplementasikan tanpa mempertimbangkan pilihan2 yg lain.. jadi kita menyewa arsitek yg benar2 bagus dan membiarkannya memilih…

kedua … nature dari problemnya dan contextnya… jadi problem dan contextnya sendiri yg membatasi pilihan arsitekturnya..

ketiga .. kita hanya bisa melihat suatu arsitek baik atau tidak jika diimplementasikan…. kita hanya dapat meraba2 jika tidak dicoba.. tapi ini juga membutuhkan waktu …

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: